MEMAKNAI AKUNTANSI DALAM KEHIDUPAN KESEHARIAN DAN BERKEBANGSAAN



MEMAKNAI AKUNTANSI DALAM KEHIDUPAN KESEHARIAN DAN BERKEBANGSAAN


Peranan akuntansi sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan ekonomi dan keuangan semakin disadari oleh semua pihak yang berkepentingan. Bahkan organisasi pemerintah pun, sekarang ini sedang berupaya untuk menerapkan konsep-konsep akuntansi pada pola manajemennya untuk tujuan pertanggungjawaban kegiatan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar informasi yang diperlukan para manajer modern adalah informasi akuntansi. Oleh karena itu, para manajer dituntut untuk memiliki kemampuan menganalisis dan menggunakan data akuntansi. Perkembangan perekonomian yang semakin pesat inilah yang menuntut para pelaku ekonomi untuk lebih memahami data akuntansi yang dapat memberikan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam pengambilan keputusan ekonomi.
Akuntansi sering disebut sebagai bahasa bisnis (business language), atau lebih tepatnya sebagai bahasa pengambilan keputusan. Semakin seseorang menguasai bahasa ini, maka akan semakin baik pula orang tersebut menangani berbagai aspek keuangan dalam kehidupannya. Apabila ditinjau dari sudut pandang pengguna jasa akuntansi, akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin ilmu dan atau aktivitas jasa yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan suatu entitas atau transaksi yang bersifat keuangan (financial). Jika ditinjau dari sudut pandang proses kegiatannya, akuntansi dapat didefinisikan sebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu entitas. Dari sini bisa dilihat, bahwa akuntansi merupakan kegiatan yang kompleks, menyangkut berbagai macam kegiatan, sehingga pada dasarnya akuntansi harus: 1. Mengidentifikasikan data mana yang berkaitan atau relevan dengan keputusan yang akan diambil; 2. Memroses atau menganalisis data yang relevan; 3. Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Dengan demikian, secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi keuangan yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan. Laporan keuangan yang dibuat oleh akuntan, akan menyajikan hasil kegiatan operasional suatu perusahaan dan juga kondisi keuangan suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Sehingga perusahaan dapat mengetahui laba/rugi, biaya yang perlu ditekan di periode berikutnya, strategi dan target pemasaran, dan lain-lain. Dengan begitu, tiap perusahaan dapat mengembangkan usahanya dengan baik, sehingga dapat memperoleh laba dan menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya.  Dengan berkembangnya perusahaan nasional, hal ini akan mempengaruhi perekonomian yang ada di Negara tersebut. Karena dengan banyaknya dan mandirinya perusahaan yang ada disuatu Negara, maka Negara tersebut memiliki pendapatan nasional yang tinggi, sehingga inflasi dapat terhindarkan dan perekonomian suatu negara tersebut maju.  
Penerapan Akuntansi dalam kehidupan sehari-hari sebaiknya kita terapkan agar membantu kita mengolah segala kegiatan menjadi terstruktur dan tersistem. Masalah yang umum terjadi pada masa muda adalah pemborosan yang tidak jelas sehingga butuh pencatatan yang lengkap tentang pengeluaran setiap hari. Dengan Akuntansi Kita bisa mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan, tidak konsumtif dengan membeli sesuatu yang tidak penting dan memilih produk dalam negeri kita sendiri. Mengelola sendiri keuangan pribadi agar bisa lebih baik dan terencana dan mungkin bisa mengelola keuangan usaha kecil-kecilan sehingga tidak akan mengalami kerugian atau pengeluaran lebih besar dibanding pendapatan. Penerapan akuntansi sangat membantu dan memudahkan kita dalam keseharian dan berbangsa. Mengetahui kondisi ekonomi keluarga dan cara mengaturnya, menghitungnya dan mengontrolnya. Dengan akuntansi kita bisa mengidentifikasikan, mengolah, mencatat, mengukur informasi ekonomi maupun keuangan dengan baik yang sangat membantu dalam urusan keuangan dalam kehidupan keseharian dan berkebangsaan.

NUR ASIAH
Mahasiswi Program Studi Akuntansi
Institut Manajemen Wiyata Indonesia

Daftar Pustaka
Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Jilid 1 untuk SMK/ oleh Umi Muawanah, Fahmi Poernawati ------ Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.



Belum ada Komentar untuk " MEMAKNAI AKUNTANSI DALAM KEHIDUPAN KESEHARIAN DAN BERKEBANGSAAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel